Monday, March 5, 2012

TUGAS I.B.D NO.1 JELASKAN PENGERTIAN I.B.D. ! (halaman 1)

      1.JELASKAN PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR!
Ilmu Budaya Dasar (IBD) merupakan ilmu yang membcrikan pengetahuan dasar dan pemahaman umum tentang rancangan yang dikembangkan untuk mengkaji problematika antara manusia dengan kebudayaan. IBD diberikan di jenjang pendidikan perguruan tinggi yakni khususnya kaum intelektual yaitu mahasiswa, karena mereka memiliki pola berpikir yang lebih luas, lebih peka & lebih menyadari terhadap diri sendiri sebagai makhluk individu maupun sebagai bagian masyarakat (makhluk sosial) & juga nilai-nilai moral, kebudayaan.
Konsep mata kuliah IBD dalam bahasa Indonesia merupakan suatu pengembangan & pengganti dari istilah ilmu dalam bahasa Inggris yaitu “Basic Humanities” yang berasal ilmu “The Humanities” (Pengetahuan Kebudayaan). Kata Humanties pun berasal dari bahasa Latin yaitu Humanus; yang artinya adalah manusiawi, berbudaya, halus. Sehingga dengan mempelajari The Humanities, diharapkan seseorang tersebut ‘akan menjadi menjadi seorang individu yang lebih manusiawi, lebih berbudaya & lebih halus’ atau dapat disimpulkan dengan manusia yang memiliki nilai sebagai homo humanus; manusia yang berbudaya.
Agar lebih jelas kita perlu memahami perbedaan antara Ilmu Budaya Dasar (Basic Humanities) dengan Pengetahuan Budaya (The Humanities). Pengetahuan Budaya (The Humanities) hanya mencakup pengetahuan dari cabang disiplin ilmu seni & filsafat. Keahlian meliputi bidang: seni sastra, seni tari, seni musik, seni rupa dan lain-lain.. Sedangkan Ilmu Budaya Dasar (Basic Humanities) seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu ilmu yang membcrikan pengetahuan dasar dan pemahaman umum tentang rancangan yang dikembangkan untuk mengkaji problematika antara manusia dengan kebudayaan. Problematika yang terjadi dalam Ilmu Budaya Dasar (Basic Huamnities)membutuhkan pendekatan-pendekatan rasional yang sesuai dengan ilmu Pengetahuan Budaya (The Humanities). Kesimpulannya, IBD menggunakan pengertian, pemahaman & penalaran rasional yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan budaya untuk mengembangkan wawasan pemikiran & kepekaan dalam mengkaji masalah yang terjadi antara manusia dengan kebudayaan.
Setelah mempelajari mata kuliah IBD ini, mahasiswa diharapkan dapat menunjukkan sikap-sikap yang sesuai dengan nilai-nilai moral kebudayaan, antara lain :
a. Kemauan & kebiasaan untuk menyelidiki, meneliti, menelaah peristiwa yang terjadi disekitar lingkungannya.
b. Kesadaraan atas cara pandang & pola pikir yang dimiliki serta bagaimana hubungan nilai-nilai tersebut terhadap cara hidup kesehariannya.
c. Keberanian moral mempertahankan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat dengan penuh tanggung jawab & menolak nilai yang bertolak belakang serta tidapk dapat untuk diterima.

No comments:

Post a Comment