Monday, November 5, 2012

Proses Organisasi - hal 3


a.    HUBUNGAN ANTARA KEKUASAAN dan PENGARUH
Ø ANALISIS FRENCH-RAVEN
French dan Raven mendefinisikan kekuasaan berdasarkan pada pengaruh; dan pengaruh berdasarkan pada pengubahan psikologis. Pengaruh adalah pengendalian yang dilakukan oleh seseorang dalam organisasi maupun dalam masyarakat terhadap orang lain. Konsep penting atas  dasar gagasan ini adalah bahwa kekuasaan merupakan pengaruh laten (terpendam), sedangkan pengaruh merupakan kekuasaan dalam kenyataan yang direalisasikan. French dan Raven mengidentifikasikan lima sumber basis kekuasaan.
1.    KEKUASAAN BALAS JASA (REWARD POWER)
2.    KEKUASAAN PAKSAAN (COERCIVE POWER)
3.    KEKUASAAN SAH (LEGITIMATE POWER)
4.    KEKUASAAN AHLI (EXPERT POWER)
5.    KEKUASAAN PANUTAN (REFERENT POWER)

Ø ANALISIS ETZIONI
Etzioni mengemukakan bahwa penggunaan kekuasaan oleh O mungkin mengubah perilaku P, tetapi mungkin tidak akan mengubah preferensi P, penolakan merupakan hasil bukan karena O menggunakan kekuasaan yang mengubah keinginan P tetapi karena penolakan akan berakibat lebih buruk atau tidak mungkin menolak.

Ø ANALISIS NISBET
Robert Nisbet mengemukakan suatu pendekatan menarik yang memandang kekuasaan sebagai antitesa wewenang. Nisbet mengartikan wewenang sebagai suatu “satuan gagasan” sosiologi dan penerimaan sukarela seseorang akan pengubahan-pengubahan yang dilakukan oleh para pemimpin mereka.

No comments:

Post a Comment